Sunday, October 28, 2012

Apakah Era Idola Akan Segera Berakhir?



Musik idola lenyap dari chart musik. Di chart 10 teratas minggu lalu, miss A “I Don’t Need A Man” adalah satu-satunya lagu yang dinyanyikan oleh grup idola. Tren terbaru di industri musik menunjukkan bahwa mereka menjauh dari apa yang disebut “Era Idola.”
Hampir seratus grup idola debut tahun ini, namun hanya beberapa dari mereka yang bisa bertahan. Bahkan grup idola yang sudah populer tampak kesulitan. Di pertengahan pertama tahun ini, Busker Busker dari “Super Star K3” menyapu semua chart musik besar online dan offline dan Psy tak hanya mengambil alih domestik, namun juga chart musik internasional di seluruh dunia di pertengahan kedua tahun ini.
Pada tanggal 24 Oktober, miss A adalah satu-satunya grup idola yang masuk chart 10 teratas di chart musik online terbesar Melon dan Mnet. Lagu mereka “I Don’t Need A Man” adalah lagu bergenre hip hop, menceritakan kisah seorang wanita mandiri dan mengkritik mereka yang bergantung pada pria dalam hal keuangan, emosi, dan dukungan lainnya. Lagu ini menarik banyak perhatian dan ulasan positif dari pendengar pria maupun wanita.
Selain miss A, posisi chart 10 teratas lainnya diduduki oleh artis non-idola dan member grup idola secara solo. Saat ini, yang berada chart tersebut adalah K will, Epik High, Ailee, HyunA, dan Ga In bersama dengan peserta “Super Star K4“ Roy Kim dan Jung Jun Young yang bersaing satu sama lain. Selain artis solo tersebut yang merupakan member grup idola, grup idola hampir benar-benar menghilang dari chart.
Seorang wakil industri musik berkomentar, “Ku pikir ini adalah akhir idola. Aku tahu bahwa ratusan grup idola baru debut tahun ini, namun banyak dari mereka yang bahkan tidak mendapat kesempatan untuk tampil di TV. Dan juga, banyak produser yang akhirnya kehilangan banyak uang dalam membuat grup-grup idola ini. Namun tren seperti itu tak begitu mengejutkan. Jika kalian melihat secara dekat, seseorang akan langsung menyadari bahwa apa yang dibutuhkan konsumen berubah dari musik idola dan elektronik menjadi musik yang enak didengar, sentimentil, dan menyenangkan.
source: soompi

No comments:

Post a Comment